News
Kematangan karir dapat dirumuskan sebagai tingkat perkembangan sikap dan kompetensi yang memungkinkan individu dapat mengenali dan mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan pekerjaan dan pilihan karirnya.

Pengertian Kematangan Karir

Karir menurupakan istilah yang berkaitan dengan peranan yang dimainkan individu sepanjang kehidupannya. Karir itu terdapat dalam pendidikan di sekolah, pendidikan lanjutan, pekerjaan, dan kegiatan waktu luang. Karir bukan pekerjaan dan bukan okupasi atau jabatan yang diemban seseorang melainkan mencakup segala keberhasilan dalam setiap jabatan pekerjaan dan okupasi atau jabatan seseorang yang akan menentukan keberhasilan seseorang dalam karirnya.

Karir menurut KUBI merupakan perkembangan dan kemampuan dalam kehidupan, pekerjaan, jabatan dan lain sebagainya. Karir adalah suatu bentuk hubungan antara pekerjaan dengan pengalaman yang akan dicapai individu sepanjang kehidupannya. Kematangan karir sebagai kesiapan individu untuk membuat keputusan karir dengan didukung oleh informasi yang kuat mengenai pekerjaan, berdasarkan eksplorasi yang telah dilakukan. Crites mendefinisikan kematangan karir sebagai tingkat dimana individu telah menguasai tugas perkembangan karirnya, baik komponen pengetahuan maupun sikap, yang sesuai dengan tahap perkembangan karir.

Kematangan karir dapat dirumuskan sebagai tingkat perkembangan sikap dan kompetensi yang memungkinkan individu dapat mengenali dan mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan pekerjaan dan pilihan karirnya. Levinson, dkk, mendefinisikan kematangan karir sebagai kemampuan individu dalam membuat suatu pilihan karir yangrealistic dan stabil dengan menyadari akan apa yang dibutuhkan dalam membuat suatu perkiraan keputusan.

Menurut Savickas, kematangan karir adalah kesiapan individu dalam memilih karir dan membuat keputusan karir yang sesuai dengan kehendak hati serta kecenderungn kepribadian dan tahap perkembangan karirnya. M. Thayeb Marinhu menjelaskan kematangan karir adalah perilaku yang bersangkutan dengan mengidentifikasikan, memilih, merencanakan, dan melaksanakan tujuan-tujuan karir yang tersedia bagi individu tertentu dalam perbandingannya dengan yang dimiliki oleh kelompok sebayanya, dapat dipandang sebagai taraf rata-rata dalam perkembangan karir bagi usianya.

Di buku yang lain Super, menyatakan bahwa penyelesaian tugas-tugas yang sesuai pada masing-masing tahapan merupakan indikasi kematangan karir. Kematangan karir itu tampaknya lebih terkait dengan intelengensi daripada usia.

Dari uraian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kematangan karir adalah kesiapan dan kemampuan individu untuk merencanakan dan memcari informasi mengenai pilihan karir yang sesuai dengan dirinya, dan akhirnya mampu memilih keputusan mengenai karir yang akan dijalaninya, kematangan tersebut ditunjukan dengan tingkat perkembangan sikap dan kompetensi yang memungkinkan individu dapat mengenali dan mengatasi masalah masalah yang berhubungan dengan pilihan karirnya.

Identifikasi karir menjadi sangat penting untuk mengetahui dan mengenali karir. Karir yang dikenali dengan matang akan membantu individu mengembangkan dirinya. Identifikasi karir anda dengan ikut psikotes online di NS Development

 

Referensi

W.J.S. Poerwadirminta. 2007. KUBI (Kamus Umum Bahasa Indonesia). Jakarta: Balai Pustaka

M. Thayeb Marinhu. 1992. Pengantar Bimbingan dan Konseling Karir. Jakarta: Bumi Aksara

TIPS Berhubungan