News
kemampuan verbal yaitu kemampuan untuk memahami hubungan/makna kata, kosakata, dan penguasaan komunikasi lisan. Kemampuan verbal merupakan kemampuan untuk menyusun pikiran dengan jelas dan mampu menggunakan kemampuan ini secara kompeten melalui kata-kata untuk mengungkapkan pikiran-pikiran ini dalam berbicara, membaca dan menulis. Individu yang memiliki kemampuan verbal berciri utama adanya kecakapan berbicara dengan jelas, teratur dan lancar, serta memiliki pembendaharaan kata-kata yang baik.

Pengertian Kemampuan Verbal

Kemampuan verbal memiliki peran penting dalam mengkomunikasikan pengetahuan, pengalaman, dan kecakapan yang dimiliki kepada orang lain. Lwin, Khoo, Lyen, & Sim mendefinisikan kemampuan verbal sebagai kemampuan untuk menyusun pikiran dengan jelas dan mampu menggunakan kemampuan ini secara kompeten melalui kata-kata untuk mengungkapkan pikiran, keingina dan pendapat. Menurut Mayer menyatakan bahwa kemampuan verbal adalah suatu representasi terstruktur dalam memori kerja seseorang terhadap kata-kata dan frasa-frasa.

Sedangkan menurut Thrustone kemampuan verbal yaitu kemampuan untuk memahami hubungan/makna kata, kosakata, dan penguasaan komunikasi lisan. Kemampuan verbal merupakan kemampuan untuk menyusun pikiran dengan jelas dan mampu menggunakan kemampuan ini secara kompeten melalui kata-kata untuk mengungkapkan pikiran-pikiran ini dalam berbicara, membaca dan menulis. Individu yang memiliki kemampuan verbal berciri utama adanya kecakapan berbicara dengan jelas, teratur dan lancar, serta memiliki pembendaharaan kata-kata yang baik dengan ciri-ciri khusus individu yang memiliki kemampuan verbal yang tingi, yaitu: (1) Memiliki kosakata yang baik, (2) Membaca dengan penuh pemahaman, (3) Ingin tahu secara intelektual, (4) Menunjukkan keingintahuan.

Menurut Wingkel kemampuan verbal adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menuangkan pengetahuan dan pengalaman ynag dimiliki dalam bentuk bahasa yang memadai, sehingga dapat dikomunikasikan kepada orang lain.

Koyan menyatakan bahwa kemampuan verbal adalah kemampuan yang menyangkut pengertian terhadap ide-ide yang diekspresikan dalam bentuk kata-kata. Aspekaspek kemampuan verbal meliputi analogi kata-kata, perbendaharaan kata, dan hubungan kata-kata.

Levy dan Ransdell dalam Kumara menyebutkan bahwa “kemampuan verbal adalah kemampuan menjelaskan pemikiran atau kemampuan mengaitkan berbagai informasi yang diperoleh dan membuat hipotesis”. Dari pengetian diatas maka dapat disimpulkan kemampuan verbal adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menjelaskan pemikirannya dan mengaikan informasi yang diperolehnya serta dapat membuat suatu hipotesis.

Saregar mengemukakan bahwa “kemampuan verbal yang baik diduga memiliki kecakapan yang mensyaratkan keakraban dengan bahasa tertulis maupun lisan untuk menyimak, menelaah isi dari suatu pernyataan, berani mengungkapkan ide, gagasan, pendapat, dan pikirannya, sehingga siswa tersebut dapat mengambil suatu kesimpulan yang tepat”.

Dari pengertian-pengertian diatas maka dapat disimpulkan kemampuan verbal adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam bentuk lisan dan tulisan berupa kata-kata yang dapat menjadi alat komunikasi pada diri sesorang dan sebagan bahan pemberi dan penerima informasi yang diberikan oleh seseorang.

Ingin mengetahui tingkat kemampuan verbalmu. Anda dapat mengikuti psikotes online gratis di NS Development.

Jika anda ingin mengetahui kemampuan dan kepribadianmu secara umum dengan hasil tes yang terpecaya dari psikolog NS Development, anda dapat mengikutinya dengan registrasi psikotes online.

TIPS Berhubungan