News
Bakat (aptitude) dapat diartikan sebagai kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih. Bakat sebagai suatu kondisi pada diri individu yang dengan suatu Latihan khusus memungkinkan mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan ketrampilan khusus.

Jenis-Jenis Bakat Khusus

Kita semua mengetahui bahwa bakat sangat beragam dan berbeda untuk setiap orang. Bakat (aptitude) dapat diartikan sebagai kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih. Bakat sebagai suatu kondisi pada diri individu yang dengan suatu Latihan khusus memungkinkan mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan ketrampilan khusus. Dengan kata lain agar bakat seseorang dapat berkembang secara optimal maka perlu adanya pengembangan dan Latihan tertentu serta banyak juga dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungan serta nilai-nilai. Jadi, bakat dapat diartikan sebagai suatu kondisi atau suatu kualitas yang dimiliki individu yang memungkinkan individu itu untuk berkembang pada masa yang akan datang. Untuk mengetahui bakat, terdapat beberapa alat tes bakat yang dapat dipergunakkan dalam mengidenttifikasi jenis-jenis bakat.

Conny Semiawan dan Utami Munandar mengklasifikasikan jenis-jenis bakat khusus, baik yang masih berupa potensi maupun yang sudah terwujud menjadi lima bidang, yaitu sebagai beerikut:

1. Bakat akademik khusus

Bakat akademik khusus, misalnya bakat untuk bekerja  dalam angka-angka (numeric), logika bahasa, dan sejenisnya.

2. Bakat kreatif-produktif

Bakat khusus dalam bidang kreatif-produktif artinya bakat dalam menciptakan sesuatu yang baru. Misalnya, menghasilkan rancangan arsitektur terbaru, menghasilkan teknologi terbaru, dan sejenisnya.

3. Bakat seni

Bakat khusus dalam bidang seni, misalnya, mampu  mengaransemen musik dan sangat dikagumi, mampu menciptakan lagu hanya dalam waktu 30 menit, mampu melukis dengan indah dalam waktu singkat, dan sejenisnya.

4. Bakat Kinestetik/Psikomotorik

Bakat khusus kinestetik/psikomotorik, misalnya sepak bola, bulu tangkis, tenis, dan keterampilan teknik.

5. Bakat sosial

Bakat khusus dalam bidang sosial, misalnya sangat mahir melakukan negosiasi, sangat mahir memawarkan suatu produk,sangat mahir mencari koneksi, sangat mahir berkomunikasi dalam organisasi, dan sangat mahir dalam kepemimpinan

Sedangkan menurut Thomas Amstrong (pakar pendidikan dari Harvard University yang sering berkolaborasi dengan Howard Gardner dalam membahas kecerdasan) menjelaskan, bahwa bakat sesorang bisa muncul dalam berbagai bentuk. Diantaranya dalam Acting Ability, Adventuresomeness, Aesthetic perceptiveness, Artistic, Athletic Talent, Courage, Verbal ability, Strong will, Social savvy, Reflectivens, Patience, Moral character dan Mathematic ability.

Menurut Andi Sri Suriati dalam (As’adi Muhammad) terdapat lima jenis bakat pada seseorang, yaitu sebagai berikut:

1. Bakat Kinetic Fisik (Bodily Kinetic)

2. Bakat Bahasa (Linguistic)

3. Bakat Logika dan Matematika (Logical Mathematical)

4. Bakat Musikalitas (Musical)

5. Bakat Pemahaman Alam (Naturalist Intelligence)

Demikian jenis-jenis bakat yang dikemukakan oleh para ahli. Apakah anda telah mengetahui jenis bakatmu? Atau masih bingung bakat kamu apa? Yuk, identifikasi minat dan bakat kami di NS Development.

NS Development menyediakan aplikasi psikotes online yang dapat mengidentifikasi bakatnya secara mudah. Dengan akses dari rumah, atau ditempat anda saat ini, anda telah dapat memahami dan mengetahui bakatmu yang masih “tersembunyi”. Identifikasi minat dan bakat di NS Development.

TIPS Berhubungan